-->

Iklan Billboard 970x250

AMANAT ATAU NILAI DALAM KISAH RORO JONGGRANG

Iklan 728x90

AMANAT ATAU NILAI DALAM KISAH RORO JONGGRANG

Salah satu cerita folklor tentang kisah roro jonggrang yang menggambarkan tentang kisah Loro Jonggrang dan memiliki atau mengandung nilai-nilai sendiri bagi kita yang hidup pada jaman sekarang, antara lain :


Gambar : Candi Prambanan tampak depan

1. Apabila seseorang memiliki sebuah janji, maka haruslah dia menepati janjinya itu. Jangan mengingkari atas janji yang telah diucapkan.

2. Jangan pernah berbuat curang terhadap orang lain. 
Dalam cerita atau kisah Loro Jonggrang diceritakan bahwa Loro Jonggrang berbuat curang terhadap Bandung Bondowoso, yaitu dengan menyuruh Bandung Bondowoso masuk ke dalam sumur yang telah dibuat oleh Bandung Bondowoso sebagai salah satu syarat untuk menjadi suami Loro Jonggrang. Setelah masuk ternyata Loro Jonggrang dan Patih Gupolo dengan sengaja menimbun Bandung Bondowoso di dalam sumur. Dan juga pada waktu Bandung Bondowoso berusaha membangun 1000 candi yang telah diminta oleh Loro Jonggrang sebagai syarat agar Loro Jonggrang mau dipersunting oleh Bandung Bondowoso. Dan pada saat terakhir candi kurang satu buah, Loro Jonggrang dibantu para pemuda dan dayang istana berbuat curang agar Bandung Bondowoso gagal dalam memenuhi persyaratannya. Dengan cara membuat keadaan di sekitar daerah pembangunan candi seperti fajar telah menyingsing yang mengakibatkan para jin yang membantu Bandung Bondowoso pergi sebelum candi selesai dibangun.
Dari cerita itu dapat diambil nilai yang penting yaitu kita sebagai manusia jangan pernah berbuat curang kepada orang lain hanya untuk kepentingan kita sendiri.

3. Kesabaran.
Dalam cerita atau kisah Loro Jonggrang diceritakan bagaimana seorang Bandung Bondowoso yang tetap sabar menghadapi, walaupun sudah dibohongi dan dibodohi oleh Loro Jonggrang yang telah menimbun Bandung Bondowosa ke dalam sumur.
Cerita tersebut dapat kita ambil nilai yang sangat baik bagi kita dalam menata kehidupan di dunia ini adalah nilai kesabaran. Hanya dengan kesabaran semua permasalahan akan dapat diselesaikan dengan baik, tanpa ada kekerasan.

4. Moralitas.
Dalam cerita atau kisah Loro Jonggrang diceritakan bahwa Kraton Boko akan memberontak kepada kerajaan Pengging. Dari cerita itu dapat diambil nilai moral yaitu kita sebagai manusia yang telah diberi kenikmatan dan rejeki sendiri-sendiri jangan pernah mempunyai keinginan untuk meminta lebih dengan cara yang tidak benar. Jangan hanya karena kita kuat dan besar maka kita bebas untuk menentukan dan memilih jalan hidup dengan cara yang tidak benar.

5. Kebijaksanaan.
Dalam cerita atau kisah Loro Jonggrang diceritakan bahwa Bandung Bondowoso mau menerima persyaratan walaupun berat dari Loro Jonggrang agar Loro Jonggrang mau dipersunting oleh Bandung Bondowoso, yaitu dengan membuat sumur dan membangun candi sebanyak 1000 buah dalam waktu semalam.
Dari cerita tersebut dapat diambil nilainya yaitu kita sebagai manusia agar bijak dalam menerima sesuatu dan mau menerima kewajiban dan tanggung jawab yang telah diwajibkan kepada kita dengan sikap yang bijak pula.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan-iklan

loading...