-->

Iklan Billboard 970x250

DOWNLOAD SOFTWARE HANACARAKA V 2.0 TERBARU

Iklan 728x90

DOWNLOAD SOFTWARE HANACARAKA V 2.0 TERBARU



Mata pelajaran Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri dalam rangkaian muatan lokal. Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mewajibkan mata pelajaran Bahasa Jawa masuk ke dalam kurikulum melalui Pergub DIY no. 64 tahun 2013 tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah atau Madrasah. 

Pelajaran Bahasa Jawa diwajibkan untuk diajarkan di sekolah/madrasah dikarenakan Bahasa Jawa merupakan salah satu identitas bagi Pemda DIY. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang memiliki nilai luhur bagi kehidupan. Di dalam struktur Bahasa Jawa dikenal unggah-ungguh. Di mana dalam percakapan dengan orang lain, Bahasa Jawa memiliki strata dalam berbahasa. Akan berbeda jika akan berbicara dengan orang yang lebih muda, sebaya, lebih tua, orang berpangkat, dan lain-lain. Ragam Bahasa Jawa ada 3, yaitu ngoko, krama madya, dan krama alus/inggil. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat jika Bahasa Jawa ngoko, ada ngoko lugu dan ngoko alus. 

Kurikulum mata pelajaran Bahasa Jawa dibuat sedemikian rupa agar siswa atau peserta didik mendapatkan materi Bahasa Jawa yang lengkap tanpa meninggalkan budaya Jawa. Sebagai contoh dalam materi Bahasa Jawa juga diajarkan mengenai materi tentang upacara adat, wayang, sesorah, pranatacara, gamelan, uyon-uyon, dan aksara Jawa. Materi aksara Jawa dipandang sangat perlu diajarkan kepada peserta didik agar peserta didik tidak melupakan hasil kebudayaan nenek moyang, salah satunya adalah aksara Jawa. Banyak manuskrip-manuskrip yang ditulis oleh pujangga Jawa dengan memakai aksara Jawa. Hal tersebut dapat ditemukan di Balai Bahasa Yogyakarta, Perpustakaan Pakualaman, dan lain-lain. Tidak mengherankan juga, banyak manuskrip bertuliskan aksara Jawa yang berada di Belanda karena pada masa penjajahan banyak karya sastra beraksara Jawa yang dibawa ke Belanda dan disimpan di perpustakaan sana.

Pembelajaran Aksara Jawa harus diajarkan dengan penuh ketelitian dan sabar karena tidak akan semudah menulis aksara Latin. Banyak sekali kendala dalam mensukseskan pembelajaran aksara Jawa, salah satunya media yang dapat mempermudah dalam pembelajaran. Oleh karena itu, di sini akan saya berikan salah satu software yang dibuat oleh Pemda DIY, yaitu HANACARAKA v2.0. Software tersebut sudah lengkap hanya perlu ketelitian dalam penggunaannya.
Semoga bermanfaat dan memberikan kemudahan dalam pembelajaran aksara Jawa. Silahkan download software tersebut melalui link di bawah ini! Terimakasih.

DOWNLOAD DI SINI!
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

6 comments

  1. Replies
    1. sudah saya cek masih aktif itu,,,,coba lagi,,, atau lewat sini http://www.mediafire.com/file/mpxuhummj9ahawb/HanacarakaV2.0.rar/file

      Delete
    2. Apa nggak bisa lebih sopan, cong? Mau minta kok cuma bilang, "link mati"

      Delete
  2. Aplikasi bisa di download tapi di instal di laptop saya tulisannya block gitu kenapa ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan-iklan

loading...