-->

Iklan Billboard 970x250

Materi dan Contoh Soal Pedagogik Guru

Iklan 728x90

Materi dan Contoh Soal Pedagogik Guru


Seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap seleksi kompetensi dasar atau SKD dan tahap seleksi kompetensi bidang atau SKB. Tetapi ada juga yang melakukan atau melaksanakan tes wawancara.

Setiap pelamar cpns yang lulus seleksi administrasi dan telah mendapatkan nomor ujian SKD pasti akan mengikuti seleksi SKD. Setelah lulus SKD, maka peserta berhak mengikuti ujian SKB. SKB adalah Seleksi Kompetensi Bidang. Tes ini akan dilaksanakan dengan cara peserta mengerjakan soal sesuai bidang masing-masing pelamar dengan jumlah soal 100 dengan waktu 90 menit.

Berikut ini kisi-kisi materi soal CPNS tes SKB CPNS 2018 dari akun twitter resmi BKN, @BKBgoid:
1. Pahami jabatan yang dilamar
BKN mengumumkan terdapat 2 jenis jabatan atau formasi yang nantinya mempengaruhi jenis soal yang akan diujikan pada ujian SKB.
Kedua jenis jabatan tersebut yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). Anda harus memahami formasi dan jenis jabatan apa yang Anda lamar di CPNS 2019 nanti.

Apakah masuk dalam JFT atau JP
2. Menentukan jenis jabatan yang dilamar Jabatan Fungsional Tertentu - JFT atau bukan
Anda harus mencari tahu jenis jabatan yang Anda lamar, apakah termasuk JFT atau bukan. Yang termasuk dalam jenis JFT antara lain profesi seperti guru, dokter, apoteker dan lain sebagainya.
Apabila Anda masih bingung dalam menentukannya, Anda bisa memcari tahu lewat peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

3. Pahami jenis tugas pada jabatan yang dilamar yang termasuk JP
Peserta CPNS yang melamar jenis JP harus mempelajari jenis tugas apa yang ada pada jabatan JP tersebut. Beberapa profesi yang termasuk dalam Jabatan Pelaksana (JP) di antaranya Analis Kerja Sama, Analis Akuntabilitas Kinerja, dan lainnya.
Peserta bisa mencari tahu peraturan Kemenpan RB nomor 25 tahun 2016 tentang Nomenklatur JP. Di dalamnya terdapat deskripsi tugas dari JP sehingga ketika mempelajarinya bisa mengetahui gambaran tentang jenis soal yang akan keluar pada tahap SKB.

BKN juga menyebutkan bahwa materi SKB tidak jauh dari situ.

Untuk formasi guru, dalam tes SKB sesuai dengan pengalaman pribadi dan teman-teman seangkatan kemarin terdapat 100 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Soal-soal tersebut berbentuk soal pilihan ganda, seperti soal-soal SKD. Kita tinggal klik pada jawaban yang kita anggap paling benar atau sesuai dengan hati nurani kita masing-masing.
Hal yang perlu diingat dan diwaspadai adalah jenis soal untuk formasi guru terdiri dari soal pedagogik dan profesional. Untuk jumlah soalnya atau pembagiannya, sesuai dengan pengalaman adalah :

Soal Profesional atau sesuai Bidang = 65 soal
Soal Pedagogik = 35 soal

Oleh karena itu, bagi kalian yang mendaftar CPNS 2019 formasi guru jangan lupa untuk selalu mempelajari soal-soal profesional sesuai dengan jabatan yang dilamar dan pedagogik. Untuk materi pedagogik yang keluar kebanyakan mengenai perkembangan peserta didik atau bagaimana cara menghadapi anak atau peserta didik.
Pada halaman ini akan kami bagikan contoh materi dan soal pedagogik. Tujuan kami semata adalah membantu teman-teman atau kalian dalam mempersiapkan SKB yang rencana akan dilaksanakan mulai bulan April 2019 ini. Materi dan soal dapat disebarluaskan agar lebih bermanfaat untuk semua.

Berikut contoh materi dan soal latihan SKB 2019 untuk sub soal Pedagogik Guru. Soal tersebut tersedia dalam bentuk file pdf. Adapun file tersebut dapat didownload lewat link ini.

UNTUK MATERI BISA DIDOWNLOAD SESUAI MATERI:
1.  Karakter Siswa
2.  Teori Belajar
3.  Kurikulum 2013
4.  Desain Pembelajaran
5.  Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
6.  Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran

UNTUK SOAL DOWNLOAD DI BAWAH INI:
1.  Soal Pedagogik Paket 1
2.  Soal Pedagogik Paket 2
3.  Soal Pedagogik Paket 3

Jangan lupa untuk selalu BERUSAHA, BERDOA, PRIHATIN, DAN SEDEKAH
Semoga tahun ini merupakan rejeki kalian. Aamiin....

Berdasarkan pengalaman pribadi untuk soal SKB Bidang Bahasa Jawa tahun kemarin tidak ada soal tentang bahasa Jawa sama sekali. Akan tetapi, tidak ada salahnya pada tahun ini kalian juga mempersiapkan materi tentang bahasa Jawa. Untuk materi SKB Bahasa Jawa yang saya pelajari tahun kemarin dapat meninggalkan komentar. Insha Allah akan saya kirimi.

Semoga bermanfaat,,,

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan-iklan

loading...