-->

Iklan Billboard 970x250

Aspek-aspek Kurikulum

Iklan 728x90

Aspek-aspek Kurikulum



Kurikulum merupakan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Dalam penyusunan kurikulum system pendidikan memiliki aspek dan komponen. Adapun aspek dan komponen kurikulum menurut Hamdani (2012: 13) , antara lain:
1) Aspek Tujuan Kurikulum
Aspek tujuan berhubungan dengan arah, cita-cita dan hasil yang akan diharapkan. Pada tataran makro, tujuan pendidikan tersematkan dalam UUD 1945 yaitu mencedarkan kehidupan bangsa. Tujuan tersebut erat berkaitan dengan filsafat dana dasar sistem nilai yang dianut masyarakat dalam sebuah bangsa. Tujuan pendidikan memiliki klasifikasi yang tertuang dalam hierarkis tujuan pendidikan dari tujuan skala makro yang umum dan skala mikro yang bersifat khusus.
Klasifikasi tujuan pendidikan terbagi kedalam 4 klasifikasi, yaitu sebagaimana keterangan  berikut:
a) Tujuan Pendidikan Nasioal (TPN) yaitu tujuan yang bersifat paling umum dan sasaran akhir yang harus dijadikan pedoman dalam setiap program yang dicanagkan oleh setiap lembaga pendidikan. 
b) Tujuan Institusional (TI), yaitu tujuan yang harus dicapai oleh setiap lembaga pendidikan. Penetapan tujuan institusional merukan dasar pengembangan Visi dan Misi lembaga pendidikan terkait.
c) Tujuan Kurikuler (TK), yaitu tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang studi atau matapelajaran. Tujuan kurikuler terkait erat dengan keterampilan dalam melakukan kegiatan kognitif, psikomotor maupun afektif dalam mata pelajaran tertentu sesuai dengan kompetensi mata pelajaran tersebut. 
d) Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran (TP), yaitu kemampuan yang harus dicapai oleh setiap siswa setelah mempelajari materi tertentu dalam pertemuan dan mata pelajaran tertentu

2) Aspek Isi
Aspek isi atau sering disebut Materi Pelajaran yaitu aspek-aspek yang terkait materi pembelajaran yang harus dikuasai peserta didik. Materi harus berkaitan dengan pengalaman pembelajaran yang baik dengan membekali keterampilan peserta didik.

3) Aspek Metode dan Strategi
Aspek metode dan strategoi adalah aspek yang terkait dengan teknis pelaksanaan pembelajaran. Metode apa saja yang dianjurkan dan direkomendasikan, termasuk strageginya dalam pelaksanaan pembelajaran. 

4) Aspek Evaluasi
Aspek evaluasi dalam komponen kurikulum bertujuan untuk melihat efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Evaluasi sebagai alat untuk melihat keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu tes dan non-tes.

5) Aspek Media Pembelajaran 
Aspek media dalam komponen kurikulum merupakan segala bentuk perangsang dan alat yang disediakan guru untuk mendorong siswa belajar. Media ini merupakan alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan siswa dapat tertarik dalam mengikuti kegaitan belajar mengajar. 

Daftar Pustaka :

Hamid, Hamdani. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan-iklan

loading...